Kamis, 07 Juli 2011

Satuan LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

1. Materi Layanan : Nilai - Nilai dan Cara Berprilaku Pribadi
2. Sub Materi Layanan : Prilaku Pribadi yang bernilai Positif dan negatif

3. Jenis Layanan : Informasi, penguasaan Konten dan Bimbingan Kelompok
4. Fungsi Layanan : Pemahaman , Pencegahan dan Pengembangan
5. Bidang Bimbingan : Pribadi
6. Tugas Perkembangan : Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas (Landasan Prilaku Etis)
7. Sasaran Layanan : Siswa kelas VIII
8. Semester/Waktu : Ganjil/2xpertemuan
9. Uraian Kegiatan :
- Pertemuan I : Mengidentifikasi prilaku pribadi yang bernilai positif
- Pertemuan II : Mengidentifikasi prilaku pribadi yang bernilai negatif
10.Pengalaman Bimbingan:
- Pertemuan I:1.Melalui penjelasan Guru siswa dapat mengetahui arti dari nilai , mengidentifikasiprilaku pribadi yang bernilai positif dan fungsi nilai.
2. Melalui diskusi kelompok siswa dapat menidentifikasi beberapa prilaku pribadinya yang bernilai positif.
- Pertemuan II:1. Melalui penjelasan guru siswa mengetahui prilaku pribadi yang ditolak dalam kehidupan sosial, sebab-sebab mengpa seseorang merasa ditolak, contoh prilaku negatif yang sering dilakukan oleh remaja.
2. Berdasarkan pengalamn pribadinya siswa dapat mengidentifikasi beberapa prilaku pribadi baik yang positif atau yang negatif.
3. Setelah mengidentifikasi beberapa prilaku pribadi yang negatif dan positif siswa diharapkan untuk dapat mengubah prilaku atau kebiasaan negatif yang pernah atau sering dilakukan dan mengembangkan prilaku pribadi yang positif.
11.Nilai-nilai yang harus dibangun/dikembangkan/dibiasakan :
Sebagai remaja yang berbudi luhur/beretika dalam hidup
a. Memulai tindakan positif dari perbuatan yang paling kecil/ringan seperti
b. Membiasakan memberi salam, bertutur kata sopan, berpakaian sopan
c. Menjadi contoh bagi teman-teman
12.Sumber Belajar : Buku materi BK, LKS, VCD tentang Pergeseran Nilai di Kalangan Remaja
13.Metode : Ceramah, diskusi, problem solving dan pemberian tugas
14.Tempat : Ruang kelas VIII
15.Penyelenggara : Guru Pembimbing/konselor
16.Pihak yang diikutkan : Wali kelas, Waka Kesiswaan, Gurur agama dan orang tua
17.Penilaian :
-Unsur yang dinilai : 1. Pemahaman materi
2. Aktifitas dalam mengikuti layanan
3. Perubahan prilaku/sikap
-Teknik penilaian : Observasi (pengamatan)
- Media penilaian : Ruang kelas
Kerjasama guru, wali kelas dan orang tua
18.Tindak Lanjut : - Setelah mengadakan penilaian terhadap siswa berdasarkan pengamatan dan kerjasama dengan pihak terkait adalah memotivasi siswa untuk mengembangkan perubahan positif yang dilakukan siswa
- Jika ada siswa yang masih tidak dapat merubah prilaku negatifnya maka akan diberi layanan lanjutan seperti layanan konseling, home visit dan alih tangan kasus jika diperlukan
19. Catatan Khusus :

2 komentar: